Hubungan dengan Sejarah Indonesia

Sejarah Desa Lebakmuncang mempunyai hubungan yang erat dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam menentang kaum penjajah untuk merebut dan menegakkan kemerdekaan bangsa.

Salah seorang pejuang di Jawa Barat khususnya di tanah pasundan yang bernama Raden Darma Kusumah beserta para pengikutnya mengadakan perlawanan terhadap bangsa Belanda untuk menegakkan kehormatan bangsa, tetapi karena persenjataan pada waktu itu tidak memungkinkan yang akhirnya beliau tertangkap dan dibuang ke Ambon.

Setelah beliau ditangkap dan dibuang, para pengikutnya antara lain Raden Ganda Kusumah tidak mau tunduk kepada kaum penjajah, maka beliau bergabung dengan para pejuang lainnya untuk mengadakan perlawanan, Lebakmuncang dan Selong Desa Cilame (sekarang Kecamatan Soreang) adalah merupakan salah satu tempat pelarian dan persembunyian mereka.

Usaha penjajah Belanda untuk memperkuat kedudukan terutama di daerah Kabupaten Bandung, maka dibentuk suatu kewedanaan baru yaitu di Soreang dengan Kecamatan Kopo, dengan adanya pembentukan Kewedanaan Soreang dirasakan oleh para pejuang yang berada di wilayah Lebakmuncang dan Selong Desa Cilame sudah tidak aman lagi, sehingga dengan rasa persatuan dan kesatuan yang kokoh dan merasa senasib sepenanggungan, mereka masuk ke hutan untuk membuka perkampungan baru (Babakan) yang disebut Babakan Lebakmuncang dan Babakan Selong.

Pembukaan Babakan Lebakmuncang dan Babakan Selong Diperkirakan pada abad ke-18, dari sejak terbentuknya Babakan Lebakmuncang dan Babakan Selong sampai tahun 1868, mengalami tiga kali pergantian sesepuh diantarannya :

  1. Keta (sesepuh pertama)
  2. Lamtani (sesepuh kedua)
  3. Epong (sesepuh ketiga)
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s